Makanan Khas Kupang

Kupang, suatu kota yang luasnya 180,3 km2 ini merupakan ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Provinisi ini tidak luput dari keanekaragaman budaya, ekosistem, dan yang pastinya kuliner.

Jika kalian ingin menghabiskan waktu liburan anda untuk mengunjungi tempat yang baru, Kupang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi kamu.

Walaupun agak sedikit jauh jika kamu berada di Jawa, atau Sumatera, namun pengalaman yang tak terbayarkan akan kamu dapatkan di sana. Keanekaragaman cita rasa yang baru akan kamu nikmati di kota tersebut.

Cukup datang ke Kupang kamu akan dapat menjumpai makanan khas dari provinsi NTT tersebut, jadi tak perlu khawatir untuk menemukan makanan yang cocok dengan selera anda.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kupang yang wajib kamu coba.

1. Se’i

sumber gambar : wikimedia

Bagi beberapa orang di Indonesia, daging asap atau smoked beef mungkin sudah tidak asing lagi. Begitu pula dengan sajian yang satu ini. Makanan khas Kupang yang satu ini merupakan daging asap khas Kupang yaitu se’i.

Se’i merupakan hidangan yang berbahan dasar daging babi atau sapi. Dengan dibumbui dengan garam, lada, dan madu timor lalu dipanggang di atas bara api dari kayu tanaman kosambi membuat daging panggang ini sangat nikmat, beraroma khas, dan memiliki citarasa yang berbede dibanding dengan daging asap lainnya.

Kamu harus mencoba makanan yang satu ini.
Harga rata-rata se’i ini berkisaran antara Rp. 50.000 – Rp. 100.000 per porsinya.

2. Jagung titi

sumber gambar : parinsenja

Makanan khas Kupang yang bernama jagung titi ini merupakan camilan jagung yang sedikit menyerupai emping atau keripik jagung lainnya.

Berbahan dasar jagung, dan proses memasaknya sedikit berbeda dengan popcorn. Jagung digoreng namun tanpa menggunakan minyak, dan setelah itu ditumbuk hingga gepeng. Saat proses penumbukan, diberi penyedap rasa seperti garam, lada, ataupun merica.

Rasanya yang sangat gurih dan asin dapat menjadi camilan di kala santai atau mengobrol dengan teman.
Jika kamu menginginkan rasa yang manis, kamu dapat memesan terlebih dahulu agar sebelum digoreng, jagung akan direndam di dalam air gula.

Tak perlu mahal untuk menikmati camilan enak ini, Harga rata-rata jagung titi ini berkisaran antara Rp. 20.000 – Rp. 30.000 per bungkusnya.

3. Jawada atau kue rambut

sumber gambar : tribunnews

Setelah menikmati jagung titi yang gurih, satu lagi makanan khas Kupang yang merupakan jenis jajanan yaitu jawada.

Teksturnya yang seperti rambut yang kering membuat jajanan yang satu ini dapat disebut sebagai kue rambut juga.
Jawada sendiri tebuat dari bahan dasar adonan tepung yang dicampur dengan gula merah atau gula jawa, santan, dan air nira, dan kemudian digoreng.

Citarasa gurih dari air santan dan manisnya gula merah membuat hati kamu bahagia setelah menikmati hidangan yang manis satu ini.

Jajanan yang satu ini cukup murah, kamu bisa membelinya dengan kisaran harga antara Rp. 1000- Rp. 5.000 per satu buahnya.

4. Sambal lu’at

sumber gambar : okezone

Sambal yang satu ini merupakan jenis sambal khas dari Kupang, yaitu sambal lu’at namanya.

Sambal yang satu ini merupakan pelengkap untuk dagin asap se’i. Citarasa dari sambal ini dibedakan dari segi aroma, dengan khasnya aroma daun kemangi serta perasan jeruk ini dan juga ditambah dengan aroma daun selasi serta daun sipa.

Kamu bisa mendapatkan sambal ini langsung dihidangkan dengan dagin se’i atau kamu dapat membelinya sendiri dengan kisaran harga antara Rp. 20.000 – Rp. 30.000 per botolnya.

5. Ubi nuabosi

sumber gambar : daonlontar

Makanan khas Kupang yang satu ini merupakan sejenis umbi-umbian yaitu ubi yang bernama ubi nuabosi.

Ubi nuabosi banyak diburu karena memiliki tekstur yang beda, seratnya yang sedikit membuat ubi ini menjadi semakin lembut dikunyah dan juga beraroma harum yang membuat beda dengan jenis ubi lainnya.

Ubi nuabosi sendiri banyak diolah menjadi berbagai macam olahan ubi. Bahkan hanya direbus dan diberi garam juga sudah cukup nikmat dimakan.

Harga yang ditawarkan cukup menggemparkan dibanding dengan harga ubi lainnya yaitu berkisaran sekitar Rp. 60.000 per saatu ikatnya.

6. Kacang sembunyi

sumber gambar : hesti-myworkofart

Nama yang cukup unik untuk sebuah nama makanan. Ya, itu lah kacang sembunyi makanan khas Kupang.

Sebenarnya, nama ini ada memang karena begitu adanya. Kacang sembunyi berarti, kacangnya sendiri yang bersembunyi di dalam kulit atau tepungnya. Logika yang cukup logis namun kadang jarang terpikirkan oleh kita.

Kacang yang berada di dalamnya adalah kacang kulit. Kacang tersebut kemudian dibalut/dilapisi dengan tepung yang sudah diolah dengan resep sehingga menjadi rasa yang pedas manis.

Jajanan satu ini perlu kamu coba karena walaupun tampak luar terlihat basah, tapi kulitnya sendiri bertekstur sangat renyah, kemudian tidak hanya itu, kerenyahannya akan bertambah lagi jika kita menggigit bagian dalamnya yaitu kacangnya.

Kamu dapat membeli kacang sembunyi ini dengan harga rata-rata antara Rp. 20.000 – Rp. 30.000 per bungkusnya.

Yuk, baca juga :

  1. Makanan Khas Aceh
  2. Makanan Khas Ternate

7. Jagung bose

sumber gambar : republika

Di daerah NTT, banyak sekali petani penghasil jagung. Jadi jangan heran jika banyak sekali olahan-olahan makanan berbahan dasar jagung. Kali ini adalah jagung bose makanan khas Kupang.

Jagung bose merupakan makanan pokok yang dapat menjadi pengganti nasi. Jagung bose sendiri adalah makanan yang berbahan dasar jagung dan kacang-kacangan yang direbus dan diberi rasa dan kemudian ditumbuk dengan lesung sehingga menciptakan tekstur lembut seperti bubur.

Harganya pun relatif murah berkisaran antara Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per porsinya.

8. Kopi Flores

sumber gambar : christiyoda

Bagi kamu para pecinta kopi yang mampir ke Kupang, di sana ada salah satu jenis kopi yang cukup populer yaitu kopi Flores.

Beda dengan biji kopi lainnya, biji kopi Flores sendiri cenderung memiliki ukuran yang lebih besar. Selain citarasa arabika yang sedikit asam. Aroma dari kopi Flores pun dapat kembali menenangkan pikiran anda di saat lelah berwisata.

Jadi, pastikan kopi yang satu ini wajib kamu cicipi.
Harga biji kopi Flores berkisaran di harga Rp. 20.000 per 100 gram nya.

9. Kue cucur

sumber gambar : berbagifun

Makanan khas Kupang yang satu ini bernama kue cucur. Kue ini berbentuk bulat yang hampir mirip seperti kue serabi di Jawa.

Jajanan yang satu ini cukup populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Kupang.
Kue cucur sendiri terbuat dari campuran tepung berasa, tepung terigu, dan gula merah. Kue ini memiliki bulatan yang sedikit berwarna kecoklatan yang berasal dari gula merah.

Kue ini sering dijumpai di pinggir jalan sekitar pasar di pagi hari. Jadi, kudapan yang satu ini memang menu yang cocok buat sarapan kamu sebelum beraktivitas.

Harga kue cucur ini berkisaran antara Rp. 2.000 – Rp. 3.000 per buahnya.

10. Kolo

sumber gambar : okezone

Kolo, nama yang jarang kita dengar namun sangat mudah untuk kita ingat ini merupakan makanan khas Kupang yang berbahan dasar nasi.

Di NTT, kolo biasanya dimasak di dalam acara-acara adat besar untuk makan bersama seperti pesta adat penti, atau syukuran panen, dan juga biasa dimasak untuk menyambut pergantian tahun.

Kolo sendiri merupakan nasi bakar yang dimasak di dalam bambu. Biasanya panjang bambu untuk membuat kolo sepanjang 30cm. Nasi yang telah dimasukkan ke dalam bambu kemudian diberi penyedap rasa seperti garam, dan rempah-rempah lainnya, dan dibakar selama 30 menit – 1 jam.

Biasanya kolo ini disajikan bersama lauk lainnya seperti ayam dan lain-lain.
Jika kamu ingin mencicipi makanan ini, pastikan kamu menyamakan jadwal liburanmu dengan jadwal acara-acara adat seperti yang disebutkan tadi.

11. Jagung katemak

sumber gambar : syahidhas

Jagung katemak yang satu ini hampir sedikit serupa dengan jagung bose di atas tadi. Makanan khas Kupang yang berbahan dasar jagung juga.

Sama seperti jagung bose, jagung katemak ini dimasak dengan campuran biji-bijian dan kacang-kacangan lain lalu direbus, namun bedanya tidak ditumbuk.
Sedikit yang menambah cita rasa yang khas dari jagung katemak ini adalah tambahan daun pepaya. Citarasa daun pepaya yang pahit menambah sensasi citarasa yang baru dalam setiap suapan jagung katemak ini.

Jika kamu datang ke Kupang, jangan lewatkan hidangan yang satu ini.
Harga jagung katemak ini berkisaran antara Rp. 20.000 – Rp. 30.000 per porsinya.

12. Muku Loto

sumber gambar : merahputih

Muku loto, satu lagi makanan khas Kupang yang memiliki nama yang cukup unik ini merupakan makanan yang berbahan dasar pisang.

Makanan ini sudah ada sejak jaman leluhur, dan dulu muku loto ini hanya dimasak saat ada acara-acara adat saja. Disajikan sebagai tambahan sayur di dalam acara pesta.

Nama muku loto ini sebenarnya berasal dari kata muku yang berarti pisang, dan loto yang berarti hancur, jadi secara harfiah muku loto berartikan pisang hancur.

Sebenarnya, muku loto ini dimasak dengan memakai pisang muda yang dipotong kulit luarnya saja, jadi masih ada sedikit sisa kulit dalamnya. Lalu biasanya dicampur dengan daging babi, sapi, atau kerbau, setelah semua dipotong kecil-kecil, kemudian semua direbus bersamaan dan diaduk hingga mengental.

Makanan muku loto ini sebenarnya eksistensinya sangat jarang, jadi jika kamu ingin mencicipinya, datanglah saat ada acara-acara adat besar yang menyajikan muku loto sebagai salah satu menu.

13. Sambal ikan teri khas NTT

sumber gambar : beniarisandi

Hidangan terakhir yang sangat perlu kamu cicipi adalah sambal ikan teri khas NTT. Bagi para pecinta pedas, mungkin nama sambal khas NTT ini sudah sangat familiar bagi kamu.

Walaupun ini berasal dari NTT, namun kamu bisa mendapatkannya di luar NTT karena eksistensinya yang sangat tinggi dan mudah dibuat di rumah.

Sambal ikan teri ini terbuat dari resep pembuatan sambal tomat biasa yang ditambah sedikit cabai rawit agar pedasnya makin terasa, dan juga jangan lupa dicampur dengan teri goreng yang sudah masak. Campurlah ikan teri setelah racikan sambal tadi telah digoreng setengah masak.

Kamu dapat dengan mudah mendapatkan sambal ikan teri ini ataupun dengan memasak sendiri di rumah.

Tinggalkan komentar