Makanan Khas Salatiga

Kota Salatiga, merupakan salah satu kota kecil di wilayah Jawa Tengah bagian timur. Memiliki luas 56 kilometer persegi, dan jumlah warga 183 ribu jiwa, kota ini berlokasi 49 kilometer selatan Kota Semarang.

Seluruh wilayah Salatiga dibatasi oleh Kabupaten Semarang serta dikelilingi oleh pegunungan yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo.

Hal ini juga membuat udara di kota Salatiga ini menjadi sejuk serta banyak diminati untuk wisata karena memiliki beragam wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan masih banyak objek wisata lainnya.

Mulai tahun 2017, kota ini juga dilewati oleh jalur tol nasional Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya, kota Salatiga ini menghubungkan antara Semarang dengan Solo.

Hal ini membuat kota ini banyak disinggahi oleh masyarakat yang lewat jalan tol untuk istirahat atau juga mampir untuk mengunjungi wisata serta kuliner yang ada. Berikut beberapa kuliner yang ada di kota Salatiga.

1. Sate sapi suruh

sumber gambar : travelbos

Tidak seperti sate biasa, sate ini sepertinya namanya yaitu menggunakan daging sapi sebagai bahan pembuatannya.

Dilengkapi dengan bumbu kacang serta kecap manis dan irisan bawang serta jeruk nipis, potongan dari sate ini menggunakan daging yang cukup besar dalam setiap tusuknya sehingga setiap porsi yang dihidangkan cukup memuaskan.

Selain itu, hal yang lebih baik didapat dari penggunaan daging sapi di sate ini yaitu seperti daging yang empuk, tidak berbau amis, serta dalam pengolahannya lebih mudah.

Salah satu sate sapi yang terkenal di Salatiga yaitu Sate Sapi Suruh yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman 16F. Warung ini buka mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Harga per porsinya kita cukup membayar Rp. 30.000 yang berisi 10 tusuk sate.

2. Soto esto

sumber gambar : wisataku

Salatiga memiliki udara yang cukup dingin karena letaknya berada di lereng pegunungan. Salah satu menu yang cocok untuk menambah kehangatan dari dinginnya udara adalah Soto Esto.

Soto ini memiliki kuah kaldu bening kekuningan yang dipadukan dengan santan sebagai campurannya. Dalam penyajiannya, pengunjung dihidangkan semankuk nasi soto, mie beras, irisan ayam dan juga kerupuk kerak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan.

Selain itu lauk lain bisa juga kita tambahkan, lauk tambahan yang disediakan seperti sate kerang, sate telur puyuh, dan sate ati sebagai pendamping. Warung yang berlokasi di Jalan Langensuko no.4  ini buka mulai pukul 6 pagi hingga 12 siang. Harga per porsi soto esto adalah Rp 10.000.

3. Gecok kambing

sumber gambar : travelkompas

Gecok kambing, mungkin sedikit aneh mendengar namanya. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan yang terkenal di Salatiga. Gecok kambing jika dilihat secara langsung mirip dengan tongseng.

Makanan berkuah santan ini memiliki rasa yang khas dari kuah serta racikan rempah-rempah. Tekstur dari kuah yang dimiliki agak kasar karena kelapa sangrai yang rasanya harum sementara rasa dari ladanya yang tajam melengkapi rasa khas daging kambing.

Gecok kambing biasanya dimasaka dalam satu kuali besar, hal ini membuat rasa daginnya benar-benar kaya bumbu dan sangat empuk serta tidak berbau prengus khas kambing.

Salah satu warung gecok kambing yang terkenal di Salatiga adalah Warung Gecok Kambing Bu ari yang terletak di Jalan Tuntang-Beringin.

Seporsi gecok kambing, lengkap dengan nasi yang disajikan kita cukup membayar Rp 15.000.

4. Opor bebek mak yah

sumber gambar : picdeer

Makanan yang berkuah santan ini menggunakan daging bebek sebagai bebek sebagai hidangan utamanya.

Warung yang berlokasi di Jalan Muncul Raya ini selalu menyediakan menu utama yaitu masakan bebek yang enak-enak, seperti nasi campur bebek yang gurih dan menu yang paling terkenalnya yaitu opor bebek.

Makanan ini terkenal juga karena metode masak yang masih sangat tradisional yaitu dengan menggunakan tungku, bumbu, rempah, serta bahan lainnya  yang diserap dengan sempurna oleh daging bebek hingga ke tulang.

Selain itu, porsi dari opor bebek ini  cukup banyak yang tentu saja akan menambah kepuasan pengunjung. Warung ini buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Seporsi opor bebek ditambah dengan nasi kita cukup membayar Rp 20.000.

Yuk, baca juga :

5. Ronde sekoteng

sumber gambar : salatigacity

Salah satu makanan yang sudah memiliki nama dari tempo dulu ini biasanya juga banyak dikonsumsi saat sedang musim hujan dan udara dingin seperti di Kota Salatiga.

Ronde merupakan bulatan berbentuk bola dengan bahan pembuatan dari tepung beras yang diisi gula merah dan disantap di dalam air jahe hangat bersama campuran kolang kaling dan kacang tanah.

Sedangkan sekoteng sendiri adalah minuman dari air jahe yang biasanya dihidangkan dengan isian berupa kacang hijau, kacang tanah serta irisan roti tawar.

Di Salatiga salah satu ronde dan sekoteng yang terkenal adalah Ronde Sekoteng Jago.

Makanan ini banyak menjadi buruan selain karena dicari kehangatannya, makanan ini juga merupakan makanan yang cukup terkenal dari tempo dulu. Warung ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman no. 9 biasa buka mulai dari pukul 3 sore hingga 10 malam.

Semangkuk ronde serta sekoteng bisa kita nikmati dengan cukup membayar masing-masing Rp 5.000.

6. Bakmi djowo

sumber gambar : deskgram

Kuliner khas lainnya dari Kota Salatiga yang menjadi buruan banyak pengunjung adalah Bakmi Djowo. Warung sederhana yang terletak di jalan Semeru-Sidomukti ini banyak menawarkan aneka olahan mie dan juga bakso.

Namun yang terkenal adalah mie nya yang kenyal dan lebar serta ditambah dengan racikan bumbu rempah yang pas sehingga membuat makananan ini selalu diburu oleh warga Salatiga yang datang dari perantauan.

Selain itu yang terkenal dari bakmi ini adalah juga metode memasaknya yang masih tradisional yaitu masih dengan menggunakan tungku dan kayu bakar.

Selain mie, ada juga menu lain yaitu nasi goreng, bakso.Seporsi bakmi yang dihidangkan dengan isian berupa irisan ayam, sayuran, dan bawang goreng dapat kita nikmat dengan cukup membayar Rp 10.000.

7. Enting-enting gepuk

sumber gambar : google

Merupakan salah makanan ringan yang sudah cukup melegenda, enting-enting gepuk banyak tersebar di toko oleh-oleh di wilayah Salatiga.

Salah satu pusat oleh-oleh yang terkenal enting-enting gepuknya adalah Toko Oleh-oleh Oom Tan. Toko ini menyediakan aneka jajanan khas Salatiga, seperti enting-enting gepuk, permen asem, singkong keju, gula kacang dan lain sebagainya.

Makanan yang paling terkenal serta paling banyak dicari adalah enting-enting gepuk cap Klenteng yang dikemas dan dibungkus kecil-kecil dengan kertas putih sebagai penanda yaitu cap bergambar klenteng.

Enting-enting gepuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk dalam gula merah yang dipanaskan, memiliki rasa yang manis dengan sedikit gurih kacang yang cocok sebagai teman minum teh.

Toko ini terletak di jalan Jenderal Soedirman-Kalicacing.

Tinggalkan komentar