Makanan Khas Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia, ibu kota dari provinsi Jawa Timur ini memang menyimpan banyak cerita bagi setiap orang yang mengunjunginya. Besarnya sejarah kota hingga sejarah kemerdekaan Indonesia, tidak pernah hilang dari kota ini.

Surabaya, rupanya memang pantas  dijuluki sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain karena wilayahnya yang besar, nama Surabaya pun dikenal  karena menjadi surganya bagi pecinta kuliner di Seluruh Indonesia.

Ada beragam makanan dengan rasa yang lezat bisa dengan mudah kamu temukan di setiap sudut kota Surabaya, mulai dari restoran ternama,  bistro dan kafe, hingga warung makan pinggir jalan, atau bahkan hanya berbentuk kedai-kedai  kecil di gang yang sempit.

Maka dari itu, berwisata kuliner di Surabaya tidak akan bisa dijalani hanya dalam waktu satu hari. Butuh setidaknya seminggu untuk kamu bisa mencicipi beragam menu makanan khas Surabaya di berbagai sudutnya. Yang lebih spesial lagi, makanan khas Surabaya ini tidak akan membuat bosan jika kamu mencicipinya berkali-kali.

Kamu akan dibuat rindu dengan setiap rasa makanan yang disuguhkan oleh kota Pahlawan ini.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi Surabaya, baik dalam waktu yang lama maupun hanya sebentar, tidak ada salahnya melihat daftar makanan khas Surabaya yang layak kamu jadikan tempat untuk memanjakan lidah.

Dijamin, kamu akan dibuat tidak sabar untuk kembali dan mencicipi makanan lainnya lagi.

1. Sate klopo

makanan khas surabaya
sumber gambar : travelaper

Sesuai namanya, Klopo yang berarti kelapa. Sate ini dibuat dengan campuran kelapa parut. Bagi yang belum mencoba mungkin akan bertanya-tanya bagaimana mungin kelapa parut dijadikan sate.

Padahal sebenarnya sate ini tetap dibuat dari daging sapi yang diiris tipis. Pembedanya adalah, jika sate pada umumnya setelah diiris langsung dibakar, sate klopo ini setelah diiris tipis lalu dibalur dengan parutan kelapa terlebih dahulu baru kemudian dibakar.

Tidak begitu sulit juga jika kamu ingin mencoba membuatnya dirumah.

Bagaimana rasanya? Sudah jelas nikmat dan antimainstream dari biasanya. Gurihnya kelapa yang khas dan menyatu dengan daging yang dibakar akan memunculkan sensasi makan sate yang tak biasa.

2. Sego sambel

oleh-oleh khas surabaya
sumber gambar : sukaberlibur

Jika kamu ingin mencoba makanan pedas di Surabaya mungkin kamu bisa menikmati kuliner yang satu ini. Yap, sego sambel.

Sego sambel atau dalam bahasa Indonesianya nasi sambal merupakan salah satu kuliner yang cukup digandrungi masyarakat Surabaya. Pasalnya, menu ini menyajikan rasa pedas dari sambal dengan bumbu-bumbu pilihan.

Untuk satu porsi sego sambelnya  kamu akan mendapatkan nasi hangat lengkap dengan siraman sambal lengkap dengan pilihan lauknya dari mulai tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng suwir, hingga ikan-ikanan. Cocok sekali bagi kamu pecinta makanan pedas.

3. Lontong balap

macam-macam makanan dari surabaya
sumber gambar : resepdanmasakan

Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu lontong balap. Makanan yang terkenal dari Kota Pahlawan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal.

Cara menyajikannya pun mudah, lontong diiris-iris dan diatas irisan lontong diberi potongan tahu goreng serta remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari).

Kemudian ditambahkan tauge setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diberi kuah secukupnya, bawang goreng, sambal dan kecap.

Bagi kamu penggemar jajanan-jajanan mengenyangkan, kuliner lontong balap jawabannya.

Yuk, baca juga :

4. Rujak cingur

macam-macam makanan dari surabaya
sumber gambar : liputan6

Bagi kamu penggila rujak, wajib rasanya untuk mencoba jenis rujak yang satu ini. Rujak cingur namanya. Kuliner khas Surabaya ini memiliki dua macam rujak cingur yakni rujak cingur matengan dimana semua bahannya dimasak dan rujak cingur campur buah.

Jika kamu memilih rujak cingur matengan, kamu akan dihidangkan menu lauk lontong, tauge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan cingur.

Namun, jika kamu memilih yang campur maka akan ditambahkan nanas, mangga muda, bengkuang dan mentimun. Rujak cingur Surabaya terkenal sangat enak dengan harga satu porsinya rata-rata hanya Rp. 20.000,00 saja.

5. Tahu campur

kuliner khas surabaya
sumber gambar : pegipegi

Kuliner khas Surabaya yang satu ini menjadi makanan yang paling diburu para pecinta kuliner ketika berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Memiliki rasa yang enak dengan sedikit bumbu petis di dalamnya.

Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mie kuning.

Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Semakin menggiurkan dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

6. Rawon

macam-macam makanan dari surabaya
sumber gambar : resepmedia

Rawon menjadi salah satu hidangan kuah khas Surabaya yang paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi alasannya. Kuah hitamnya yang khas dengan daging empuk adalah menu andalan yang biasa disantap warga Surabaya maupun wisatawan yang datang ke Surabaya.

Berkat rasanya yang enak, beragam jenis rawon kini dijual oleh pedagang-pedagang di seluruh penjuru Indonesia dengan varian yang berbeda-beda.

Namun, bagi kamu yang sedang merencanakan untuk datang ke Surabaya tidak ada salahnya jika mencoba rawon ini di tempat asalnya.

Menjadi salah satu ciri khas Surabaya, kuliner yang satu ini akan sayang sekali jika kamu lewatkan!

7. Soto gubeng

makanan khas surabaya yang enak
sumber gambar : traveloka

Kamu ingin mencoba varian soto di Surabaya? Soto gubeng  jawabannya!  Terkenal dengan kota yang memiliki jenis kuliner yang berkuah menjadika n soto gubeng mudah dicintai oleh siapapun yang mencobanya.

Soto gubeng memiliki sejarah yang menarik, dimana soto ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Gubeng sendiri adalah sebuah kecamatan yang mempunyai stasiun paling besar di Kota Surabaya.

Di stasiun Gubeng inilah soto gubeng lahir dan menjadi terkenal dengan rasa kaldu yang sangat nikmat. So, tunggu apa lagi? Cepat rencanakan waktu kunjunganmu ke Kota Surabaya, ya!

Tinggalkan komentar