Makanan Khas Temanggung

Temanggung, sebuah kabupaten yang berbatasan dengan Semarang ini menyimpan banyak keindahan alam dan budaya-budayanya. Banyak tempat wisata alam yang terdapat di Temanggung, karena Temanggung berada di antara Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing, lebih tepatnya di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.

Beberapa tempat wisata seperti, Taman Kartini, Monumen Meteorit, wisata alam posong, Kledung Pas dan masih banyak lagi. Tempat-tempat itu dapat masuk sebagai daftar tempat jalan-jalan yang akan kamu kunjungi.

Selain banyaknya tempat wisata di Temanggung, banyak pula rekomendasi makanan-makanan khas yang ditawarkan di kota tersebut.

Jika kamu lelah seharian setelah menjelajahi tempat-tempat wisata di Temanggung, kamu dapat singgah di kedai-kedai makanan yang menyajikan banyak makanan-makanan khas dari Temanggung.

Jangan lupa untuk kamu catat beberapa rekomendasi makanan-makanan khas dari Temanggung yang wajib kamu cicipi jika kamu berkunjung ke Temanggung.

1. Ndas borok khas temanggung

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : pegimakan

Makanan khas Temanggung ndas borok ini memang terdengar cukup unik. Ndas yang berarti kepala, sedangkan borok yang berarti borokan atau luka lecet yang mengerikan menjadi nama yang cukup berani untuk suatu makanan.

Namun citarasanya tak semenakutkan namanya. Ndas borok terbuat dari singkong dan juga kelapa parut dan diberi topping gula merah di atasnya. Ndas borok ini cukup nikmat, bercitarasa gurih dari singkong dan kelapa parutnya, serta rasa manis pada gula nya.

Pastinya makanan yang satu ini jelas mengenyangkan, karena adanya singkong sebagai sumber karbohidrat. Kamu harus wajib mencicipi makanan khas Ponorogo yang satu ini.

Jajanan yang satu ini terbilang cukup ramah di kantong, Siapkan saja uang Rp. 10.000 – Rp. 20.000 untuk membeli nya.

2. Sego gono

kuliner khas temanggung
sumber gambar : tani-temanggung

Sego gono atau nasi gono, makanan khas Temanggung ini memang sekilas terlihat seperti nasi campur atau nasi goreng yang dimasak tanpa kecap.

Namun beda rasa beda penampilan, citarasa yang dihasilkan sego gono ini sangat kaya rasa. Nasi gono ini terbuat dari nasi, daun lembayung, kelapa parut, dan ikan teri. Dari bahan-bahannya saja sudah terlihat kalau nasi gono ini mempunyai rasa yang gurih, asin, dan banyak tekstur renyah yang terdapat dari ikan teri dan parutan kelapanya.

Harga yang ditawarkan cukup murah untuk membeli satu porsi sego gono ini, yaitu sekitar Rp. 5.000 – Rp. 15.000 saja.

3. Iwak kali laras soropadan

kuliner khas temanggung
sumber gambar : foursquare

Iwak kali laras soropadan merupakan makanan khas Temanggung yang bertemakan ikan kali. Makanan khas yang satu ini hanya bisa kamu jumpai di desa Soropadan, Temanggung.

Di sini hanya secara eksklusif menyajikan aneka iwak/ikan kali yang digoreng kering dan disajikan dengan sambel kosek yang terbuat dari cabe rawit dan bawang putih yang pedas dan mantap.

Harga dari menu yang ditawarkan cukup relatif murah yaitu antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per satu menu.

4. Sego urap atau nasi urap

makanan khas temanggung yang enak
sumber gambar : nasirullahsitam

Sego urap atau nasi urap adalah makanan khas Temanggung yang berbahan dasar nasi dan sayuran.

Sego urap terbuat dari nasi hangat yang diberi lauk sayur-sayuran hijau dan dibumbui dengan parutan kelapa yang pedas, gurih, asin, manis. Tidak lupa menambah kerupuk sebagai pelengkap. Bisa juga ditambah dengan tempe, dan tahu untuk menambah kelezatan sego urap ini.

Citarasa yang dihasilkan sangat luar biasa, dikarenakan parutan kelapa yang bercitarasa pedas dan gurih yang bertemu dengan nasi hangat, akan menambah kesan mantap saat menyantapnya.

Harga yang dibanderol untuk satu porsi sego urap ini cukup murah yaitu sekitar Rp. 3.000 – Rp. 7.000 saja.

5. Balung kuwuk

oleh-oleh khas temanggung
sumber gambar : infoseger

Makanan khas Temanggung yang satu ini memang memiliki nama yang cukup unik, yaitu balung kluwuk. Jika mengartikan balungnya sendiri berarti “tulang”, karena sepintas memang terlihat seperti tulang yang kering.

Balung kluwuk sendiri sering disebut sebagai keripiknya orang Temanggung.
Balung kluwuk ini terbuat dari ketela pohon atau singkong yang dipotong tipis-tipis dan diberi bumbu lalu digoreng.

Sebelum masuk ke dalam proses penggorengan, singkong yang telah dipotong tipis-tipis tadi dijemur dulu di bawah sinar matahari hingga kering, lalu dapat dibumbui dengan bumbu pedas seperti, saus tomat, cabai, dan gula.

Citarasa yang dihasilkan sangat luar biasa, gurih dan asin dari singkong serta bumbu yang pedas, menciptakan perpaduan yang mantap untuk satu camilan ini. Teksturnya pun renyah, sehingga sangat nikmat jika disantap bersama teman, atau pun keluarga.

Harga dari balung kluwuk ini berkisaran antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per bungkusnya.

6. Mendut

makanan khas temanggung
sumber gambar : jateng.xplorenesia

Makanan khas Temanggung yang satu ini bernama mendut, ya memang namanya sama seperti nama sebuah candi yang berada di Kabupaten Magelang yaitu Candi Mendut.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah makanan yang berjenis kue yang manis.
Mendut ini berbahan dasar beras ketan yang berisi gula merah. Citarasa yang dihasilkan sangat luar biasa, dikarenakan dari teksturnya yang kenyal, serta sensasi setelah menggigit akan keluar cairan manis yang berasal dari gula merah tersebut.

Harga dari mendut ini terbilang murah, cukup sediakan Rp. 20.000 – Rp. 50.000 untuk membeli ini. Kamu dapat membelinya di pusat oleh-oleh Temanggung.

7. Tiwul khas temanggung

makanan khas temanggung
sumber gambar : jateng.xplorenesia

Tiwul merupakan makanan khas Temanggung yang cukup tradisional namun masih ada sampai sekarang. Tiwul berbahan dasar singkong atau tepung gaplek.

Cara membuat tiwul ini terbilang mudah, yaitu dengan menghaluskan singkong dengan cara diparut lalu dicampur dengan air hingga membentuk seperti butiran-butiran kecil lalu dikukus dalam dandang hingga setengah matang. Setelah singkong dikukus setengah matang, kemudian diberi taburan gula merah dan juga air gula merah, dan tidak lupa diberi taburan kelapa parut saat penyajian.

Tekstur yang dihasilkan cukup kenyal dan sedikit renyah dari parutan kelapanya. Citarasanya yang manis dan gurih, membuat tiwul ini dapat dijadikan oleh-oleh atau menyantapnya langsung.

Tiwul ini dapat dibeli di penjual-penjual keliling dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp. 2.000 – Rp. 3.000 per porsinya yang biasa disajikan di atas daun pisang.

8. Brongkos kikil

makanan khas temanggung
sumber gambar : kompasiana

Brongkos kikil merupakan makanan khas Temanggung yang berbahan dasar kikil kambing, bisa juga menggunakan sapi.

Citarasa yang dihasilkan dari brongkos ini cukup kaya rasa, pedas, manis dan gurih pastinya.
Bahan-bahan seperti kluwak, rempah-rempah, dan bisa juga ditambah dengan tahu putih agar rasa lebih nikmat.

Pastikan kamu mencicipi makanan khas yang satu ini jika kamu berkunjung ke Temanggung.

Harga dari brongkos kikil ini berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 25.000 per porsinya.

9. Buntil

makanan khas temanggung
sumber gambar : pelesirtemanggung

Buntil merupakan makanan khas Temanggung yang sebenarnya juga banyak kita jumpai di seluruh pulau jawa.

Namun untuk buntil dari Temanggung ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Buntil dari Temanggung ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan ikan teri dan bumbu lainnya, kemudian dibungkus dengan daun pepaya dan direbus dengan santan.

Bumbu dan rempah membuat citarasa pedas dan mantap, citarasa gurih dan asin pun didapat dari isi buntil yaitu teri dan parutan kelapa yang membuat rasa buntil ini berpadu satu sama lainnya yang pastinya lezat dan mantap.

Kamu dapat membeli buntil ini di seluruh wilayah Temanggung, dan harganya pun cukup murah yaitu sekitar Rp. 3.000 – Rp. 5.000 per satu biji buntilnya.

10. Bajingan

makanan khas temanggung
sumber gambar : kaskus

Banyak cara yang menarik untuk memasarkan suatu makanan, salah satunya dengan membuat nama makanan tersebut. Bajingan, begitulah nama unik dari salah satu makanan khas Temanggung kali ini.

Citarasanya pun tidak kalah unik dari namanya. Bajingan ini terbuat dari singkong yang dipotong kecil-kecil lalu direbus dan diberi gula merah cair yang mantap. Warnanya yang kecokelatan menambah selera untuk menyantapnya.

Harga yang dibanderol untuk satu porsi bajingan ini tidaklah mahal, cukup sediakan uang Rp. 10.000 untuk membelinya, dan masih ada kembaliannya juga.

Yuk, baca juga :

  1. Makanan Khas Dieng
  2. Makanan Khas Kudus
  3. Makanan Khas Purbalingga
  4. Makanan Khas Rembang
  5. Makanan Khas Salatiga

11. Ketan gudig

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : jateng.xplorenesia

Salah satu makanan khas Temanggung yang memiliki nama unik lainnya adalah ketan gudig. Gudig dalam bahasa jawa berarti koreng, motif tampilan yang totol-totol memang terlihat seperti penyakit kulit.

Namun walaupun namanya seperti itu, citarasanya malah sebaliknya. Ketan gudig ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan kacang gelandang. Nah, dari kacang ini lah motif totol-totol itu tercipta.

Citarasa yang manis dan gurih memang cocok untuk menjadi camilan atau pun oleh-oleh. Biasanya, makanan ini menjadi menu utama dari acara hajatan-hajatan setempat.

12. Entho Cothot

makanan khas temanggung yang enak
sumber gambar : enthocotot.blogspot

Salah satu makanan khas Temanggung yang bernama cukup unik dan jarang didengar, Entho cotot namanya.

Entho cotot merupakan jenis makanan ringan atau camilan yang berbahan dasar singkong, olahan singkong yang digoreng kemudian diberi gula pasir yang dicairkan lalu dijadikan isi dari entho cotot ini.

Rasa gurih dari olahan singkong dan manis dari gula pasir ini membuat lidahmu bergoyang, ditambah sensasi setelah menggigit yang akan keluar cairan membuat kepuasaan tersendiri.

Harga dari entho cotot ini cukup murah, cukup sediakan uang Rp. 20.000 untuk membelinya, pasti kamu akan mendapat cukup banyak jajanan ini.

13. Empis-empis tahu tempe

oleh-oleh khas temanggung
sumber gambar : cookpad

Empis-empis tahu tempe merupakan makanan khas Temanggung yang sangat cocok bagi kamu pecinta makanan pedas dan bersantan.

Empis-empis tahu tempe ini terbuat dari cabe rawit, tomat, bawang, santan, tahu, tempe, udang dan bahan-bahan dasar lainnya. Makanan ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat yang akan menambah sensasi hot disetiap suapannya.

Citarasa yang dihasilkan adalah gurih, asin, dan pedas, serta tekstur dari aneka bahan-bahan yang ada akan menambah beraneka ragam kejutan di mulut kamu.

Karena bahan-bahannya terbilang cukup mudah didapat, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Kalaupun kamu berkunjung ke Temanggung, dengan mudahnya kamu akan menemukannya di warung-warung makan, atau di restaurant sekalipun.

14. Lento

makanan khas temanggung
sumber gambar : ambarwatidita

Lentho merupakan makanan khas Temanggung yang berbahan dasar singkong. Bentuk lentho memang sekilas sedikit mirip dengan perkedel, atau kroket.

Lentho terbuat dari singkong yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan kacang kedelai serta tepung. Banyak varian lentho tergantung campuran atau rasanya, seperti lentho kacang tolo.

Menu jajanan yang satu ini cukup dibilang menjadi camilan para wisatawan di sana. Ada sebuah warung tradisional bernama warung jadoel yang menyajikan jajanan tradisional khas Temanggung. Kamu pun dapat menjumpai lentho itu di sana dengan harga yang sangat murah.

15. Jadah

makanan khas temanggung
sumber gambar : kaskus

Ada pula makanan khas Temanggung yang termasuk dalam kategori camilan atau jajanan, yaitu jadah.

Jadah merupakan olahan makanan yang terbuat dari ketan, ada pula penyebutan lain dari jadah ini yaitu gemblong. Cara memasak jadah ini terbilang cukup sederhana, yaitu tumbukan ketan tadi dapat langsung digoreng.

Citarasa yang dihasilkan pun sangat gurih, garing di luar dan empuk serta sedikit kenyal di dalam. Makanan yang satu ini sangat cocok jika disajikan dengan kopi maupun teh hangat.

16. Gesing

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : dapurperahu.blogspot

Makanan khas Temanggung yang satu ini merupakan olahan makanan yang terbuat dari pisang, namanya adalah gesing.

Walaupun sedikit asing bagi kita, gesing merupakan makanan yang cukup legendaris. Gesing ini terbuat dari pisang, biasanya yang dipakai adalah pisang kepok atau raja, selain pisang ada pula bahan-bahan lain seperti santan, telur, dan gula. Cara memasaknya pun dengan cara dikukus.

Gesing memiliki citarasa yang manis, dan gurih. Teksturnya yang sedikit kenyal dan empuk ini akan menambah kemantapan hari kamu apalagi jika kamu menyantapnya di sore hari, atau setelah lelah beraktivitas seharian.

Kamu tidak perlu pusing dengan harganya, karena cukup dengan uang Rp. 1.000 – Rp. 5.000 kamu dapat membelinya.

17. Tempong

kuliner khas temanggung
sumber gambar : kompasiana

Tempong merupakan makanan khas Temanggung yang berbahan dasar dari tempe semanggit.

Jika belum tahu apa itu tempe semanggit, tempe semanggit adalah tempe yang telah didiamkan selama beberapa hari sehingga menjadi agak busuk. Nah, kenikmatan yang khas akan didapatkan dari proses pembusukan ini.

Proses pembuatan tempong ini terbilang cukup mudah, tempe semanggit tadi kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti cabai, kencur, dan daun kemangi. Setelah dicampur dan dibuat bulat-bulat, maka setelah itu digoreng.

Tempong ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan atau kamu dapat membawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

18. Corobikang

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : resepcafe.blogspot

Corobikang atau bikang merupakan makanan khas Temanggung yang juga biasa kita jumpai di tempat lain.

Pada dasarnya corobikang khas Temanggung dengan bikang lainnya berbahan dasar yang sama, yaitu dengan menggunakan aneka tepung seperti, tepung terigu, tepung beras, dan juga kanji.

Selain dari rasanya, carabikang ini menarik perhatian lewat warna dan juga bentuknya yang lucu dan sangat menarik.

Kamu dapat membeli carabikang ini dengan harga rata-rata antara Rp. 2.000 – Rp. 4.000 per satu biji nya.

19. Perkedel kimpul

oleh-oleh khas temanggung
sumber gambar : hariantemanggung

Perkedel kimpul, tidak seperti perkedel kebanyakan, makanan khas Temanggung ini memiliki nama belakang yaitu kimpul, ya kimpul adalah sebutan untuk talas.

Jadi, perkedel kimpul ini terbuat bukan dari kentang, tapi terbuat dari talas. Pertama-tama talas perlu direbus hingga empuk kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu talas yang telah halus tadi dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan juga pala. Setelah bahan-bahan tercampur rata, baru lah digoreng.

Rasa yang dihasilkan pun berbeda dengan perkedel kentang. Citarasa gurih yang dihasilkan perkedel kimpul lebih berbeda dan juga ke-khasan citarasa talas yang sangat berpadu dengan bumbu-bumbu lainnya.

20. Bubur saren

oleh-oleh khas temanggung
sumber gambar : food.detik

Makanan khas Temanggung yang satu ini merupakan hidangan manis, yaitu bubur saren.

Bubur saren ini cukup unik karena hanya memiliki dua warna yang berlawanan, yaitu hitam dan putih. Bahan dasar buburnya yang berwarna hitam tersebut terbuat dari tepung keran, gula merah, kayu manis, dan cengkeh. Sedangkan kuahnya yang berwarna putih terbuat dari santan kelapa.

Citarasanya yang manis, dan gurih, serta teksturnya yang empuk dan kenyal akan membuat mulut kamu penuh dengan rasa yang nikmat.

Untuk membelinya, cukup bawa uang Rp. 10.000, maka kamu akan mendapatkannya beserta dengan kembaliannya.

21. Jali

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : dinirahmawati

Makanan manis khas Temanggung selanjutnya adalah jali.

Jali merupakan jenis jajanan manis yang terbuat dari ketan. Namun bedanya, ketan yang digunakan berbentuk seperti bola-bola kecil yang cukup lengket.

Jali ini biasa disajikan dengan gula yang dimasak dengan parutan kelapa yang pastinya menambah citarasa gurih dan manis yang luar biasa.

22. Kipo

oleh-oleh khas temanggung
sumber gambar : kabarkuliner

Kipo, nama yang sedikit unik seperti bahasa kekinian yaitu kepo. Kipo merupakan makanan khas Temanggung yang masuk dalam kategori makanan manis.

Kipo terlihat seperti nasi bakar yang dibungkus dengan daun pisang. Namun isian dari kipo ini terbuat dari adonan tepung, gula jawa, dan juga kelapa yang dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dibakar.

Citarasa yang dihasilkan sangat manis, gurih, dan tentunya sangat lezat, ditambah lagi dengan teksturnya yang empuk dan sedikit kenyal.

23. Wedang ronde wasis

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : jatenglive

Salah satu makanan khas Temanggung kali ini bernama wedang ronde wasis. Ini merupakan jenis minuman segar sekaligus menghangatkan.

Komposisi utama dari wedang ronde wasis ini sama seperti wedang ronde pada umumnya seperti kolang-kaling, kacang tanah yang disangrai, mochi, dan juga kuah jahe. Namun yang membedakan dari wedang ronde yang lainnya adalah wedang ronde wasis ini menggunakan emping, yang pastinya sangat unik.

Citarasa manis, gurih, dan sensasi hangat dari jahe, serta gurihnya emping yang sedikit pahit menambah citarasa yang sangat harmonis.

Kamu dapat membeli wedang ronde wasis ini dengan harga rata-rata Rp. 6.000 per mangkuknya.

24. Nasi goreng tembakau

makanan khas temanggung yang enak
sumber gambar : travel.tempo

Banyak makanan khas Temanggung yang menyajikan keunikan untuk menarik minat pembelinya. Salah satu yang cukup tidak biasa adalah nasi goreng tembakau.

Jika pada umumnya nasi goreng hanya terlihat itu-itu saja, namun tidak untuk menu nasi goreng di salah satu rumah makan yang bernama “RM Temanggung bersenyum” atau sering disingkat (Tebres). Ada dua menu unik nasi goreng yang disajikan di rumah makan ini yaitu, nasi goreng mbako srinthil, dan nasi goreng mbako.

Perbedaannya terletak pada racikan bumbu dan tambahan jamur pada menu nasi goreng srinthil dibanding nasi goreng mbako. Citarasa tembakau yang nikmat serta racikan bumbu rahasia rumah makan ini menambah kelezatan dan kenikmatan yang luar biasa.

Kamu harus mencicipi dua menu nasi goreng tembakau ini jika kamu berkunjung ke Temanggung.

Harga yang dibanderol dari nasi goreng ini adalah Rp. 14.000 untuk nasi goreng tembakau biasa, dan Rp. 17.000 untuk nasi goreng tembakau srinthil.

25. Kupat tahu batoar

macam-macam makanan dari temanggung
sumber gambar : anjumfz

Untuk makanan khas Temanggung yang terakhir ini adalah kupat tahu batoar. Untuk makanan kupat tahu memang sudah cukup menjamur hampir di semua daerah di Pulau Jawa.

Namun yang membedakan kupat tahu ini dengan kupat tahu yang berada di Magelang adalah citarasa bumbu kacang yang sangat strong. Isi lain dari kupat tahu ini tidak begitu jauh berbeda dengan yang lain seperti, ketupat, potongan sayur, kuah kacang, bawang goreng, dan tentunya kecap.

Kamu dapat menemukan kupat tahu ini di jalan Gilingsari, Pandean, Temanggung. Harga dari kupat tahu batoar ini sekitar Rp. 10.000 per porsinya.

Tinggalkan komentar