Makanan Khas Ternate

Ternate merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Maluku Utara. Kota ini terletak di kepulauan Maluku yang banyak memiliki pulau-pulau yang tersebar.

Memiliki luas 111 kilometer persegi dan jumlah penduduk 218 ribu jiwa, kota ini merupakan kota kepulauan yang terdiri dari pulau besar dan pulau kecil yang mengelilinginya.

Pulau kecil itu antara lain pulau Hiri, pulau Moti, pulau Mayau, dan pulau Tifure. Kota ini juga merupakan kota yang banyak menyimpan sejarah pada masa lalu.

Pada jaman dahulu, kota ini menjadi pusat penghasil rempah-rempah seperti cengkeh, dan pala yang banyak diburu penjajah untuk dibawa ke negara lain.

Tidak heran, disini juga banyak peninggalan berupa benteng-benteng pertahanan yang dibangun untuk pertahanan penjajah yang sekarang dijadikan tempat wisata.

Karena kemudahan transportasi dan infrastruktur, kota ini sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki berbagai macam tempat wisata seperti wisata sejarah, wisata alam, dan wisata air.

Selain itu kota ini memiliki pemandangan yang bagus yang banyak dijadikan subyek fotografi wisatawan.

Wilayah Ternate yang identik dengan laut karena letaknya yang merupakan kepulauan, dan tentu saja kota ini banyak menghasilkan hasil laut yang melimpah serta beragam yang dapat diolah menjadi beragam makanan.

Berikut beberapa makanan terkenal dari Ternate.

1. Ikan kuah kuning

macam-macam makanan dari ternate
sumber gambar : phinemo

Ternate yang merupakan wilayah dekat dengan laut memiliki hasi laut yang melimpah seperti ikan laut. Tidak heran banyak hasil olahan ikan laut di Ternate, salah satunya adalah ikan kuah kuning.

Sesuai dengan namanya, sajian ini memiliki kuah kental berwarna kuning. Warna yang dihasilkan kuah tersebut berasal dari rempah kunyit. Ikan kuah kuning biasanya disajikan saat masih hangat dengan nasi dan menu lain.

Dalam proses memasaknya, ikan kuah kuning umumnya dimasak dengan bumbu seperti daun kemangi, bawang putih, rempah serta perasan jeruk nipis sehingga terasa menyegarkan.

Ikan yang biasanya digunakan untuk memasak ikan kuah kuning adalah ikan barakuda. Meskipun begitu, ikan lain juga dapat diolah menjadi makanana ini.

Ikan lain yang dapat diolah diantaranya adalah ikan tongkol, kerapu dan ikan tuna. Ikan kuah kuning dapat ditemui di berbagai warung makan ataupun restoran di sekitar Ternate.

Harganya bervariasi mulai dari Rp. 30.000 tergantung dari jenis ikan yang diolah.

2. Gohu ikan

kuliner khas ternate
sumber gambar : merahputih

Jika di Jepang kita tahu ada makanan olahan ikan yang dimakan mentah bernama sushi, di Ternate juga memiliki makanan sejenis sushi. Namanya adalah gohu ikan.

Dalam pengolahannya, daging ikan tuna mentah dipotong kecil yang kemudian dilumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis untuk mengurangi rasa amis.

Daging ikan kemudian dicampur dengan potongan daun kemangi dan tumisan bawang merah serta cabai rawit yang dirajang kasar. Meski berupa ikan laut yang mentah, namun aroma amis sama sekali tidak ada.

Hal ini karena dalam pengolahannya, aroma amis sudah hilang dengan sendirinya ketika daging ikan dicampur perasan lemon dan garam.

Selain itu, tingkat kementahan daging pun berkurang ketika didiamkan beberapa saat. Selain ikan tuna, daging ikan lain yang biasanya digunakan adalah ikan cakalang dan ikan tongkol.

Gohu ikan biasanya dibuat oleh warga lokal dan dijual di beberapa tempat mulai dari Rp 30.000 per porsi.

3. Nasi lapola

oleh-oleh khas ternate
sumber gambar : merahputih

Nasi lapola banyak dikonsumsi setiap hari oleh warga Ternate.

Nasi lapola sangat disukai oleh masyarakat sekitar saat berkunjung anda harus mencobanya juga. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi lapola berupa parutan buah kelapa muda, kacang tolo, dan beras.

Nasi lapola biasanya disajikan ketika masih hangat dengan didampingi menu tambahan berupa ikan tongkol, ikan teri, lalapan mentah dan lauk lain.

Nasi lapola tentunya banyak dijual di wilayah Ternate dan harganya cukup murah yaitu Rp 6.000 per porsinya.

Yuk, baca juga :

4. Lapis palaro

makanan khas ternate yang enak
sumber gambar : resepmasakanindonesiaku

Jika mendengar kata lapis, tentunya kita akan teringat pada kue lapis, namun lapis palaro ini berbeda dengan kue lapis.

Lapis palaro merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama yaitu daging sapi. Rasa empuk serta lezat yang dimiliki oleh lapis palaro dikarenakan bumbu rempah yang diracik secara khusus dalam pengolahannya.

Makanan ini sangat terkenal di Ternate. Rasanya hampir mirip seperti rendang, namun lebih pedas karena ada campuran cabai dalam pengolahannya.

Serta bentuk dari lapis palaro ini berupa potongan-potongan pipih daging sapi yang direbus terlebih dahulu kemudian dibumbui. Lapis palaro biasanya dapat dijumpai di rumah makan dan restoran di sekitar Ternate.

Meskipun berasal dari daging sapi, namun tenang saja karena harganya masih cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 35.000 per porsinya.

5. Sambal colo

oleh-oleh khas ternate
sumber gambar : beniarisandi

Setiap daerah tentu memiliki menu sambal yang khas. Seperti di Ternate ini, memiliki sambal khas yang dinamai sambal colo. Sambal colo-colo merupakan khas makanan khas Ternate yang hampir setiap hari dimakan oleh warganya.

Hal ini karena sambal colo memiliki rasa yang khas dan mampu membuat makanan lebih nikmat ketika dimakan sama seperti makan sambal di daerah lain.

Dalam pengolahannya, sambal colo-colo dibuat dengan sangat mudah. Bahan yang perlu disiapkan adalah berupa tomat, cabai rawit, bawang merah,jeruk nipis , gula dan garam.

Sambal colo biasanya juga ditambahkan daun kemangi untuk menambah cita rasa yang khas. Sambal ini biasanya dimakan berdampingan dengan menu lain.

6. Kohu-kohu

oleh-oleh khas ternate
sumber gambar : sportourism

Jika anda tau urap, maka makanan ini akan mengingatkannya pada urap. Kohu-kohu memang memiliki bentuk seperti urap yang ada di daerah jawa, namun yang berbeda adalah isiannya.

Sayuran yang digunakan untuk membuat kohu-kohu ada kacang panjang, daun kemangi, daun singkong dan tauge. Semua sayuran dijadikan satu dan dibiarkan mentah saja yang kemudian akan diberu bumbu khusus.

Selanjunya, ada tambahan berupa parutan kelapa muda, ikan cakalang asap yang disuwir, bawang merah dan perasan jeruk nipis.

Kohu-kohu biasanya dinikmati bersama nasi hangat, ubi, dan nasi jagung khas Ternate. Selain itu makanan ini juga biasanya dimakan sebagai makanan penutup makan besar.

Kohu-kohu dapat dijumpai di berbagai warung makan serta restoran di Ternate.

Tinggalkan komentar